Sabtu, 18 Nov 2017
You are here: Beranda | Program Layanan | Pelatihan untuk Pengembangan
Pelatihan untuk Pengembangan Kapasitas Usaha dan SDM PDF Cetak

Usaha mikro pada umumnya sulit untuk berkembang, disamping keterbatasan modal, juga pengelolaanya yang kurang profesional. Dan bagi perempuan sudah terlanjur melekat bahwa usaha yang dilakukan adalah hanya untuk samben (sampingan) dan tambahan saja, sehingga tidak terlihat serius dan pengeloalaanya tidak dilengkapi oleh pengetahuan dan ketrampilan yang memadai. Kondisi ini berpotensi menjadi penyebab usaha mikro rentan ketika berhadapan dengan realitas pasar bebas yang sangat rasional dan kompetitif.

Hal tersebut diatas tidak lepas dari pelabelan negatif (stereotype) terhadap perempuan, yaitu bahwa perempuan adalah ibu rumah tangga yang pekerjaannya hanya mengurusi urusan domestik rumah tangga saja. Perempuan dianggap lemah, selalu mengalah dan pasif. Dalam berbisnis pun tidak jarang mereka menerapkan anggapan tersebut. Lebih jauh hal ini dapat mengakibatkan perempuan tidak memiliki akses dan kontrol terhadap manfaat sumber daya.

Daya Annisa melakukan layanan pelatihan dalam rangka pengembangan kapasitas. Pelatihan untuk pengembangan kapasitas usaha dan sumber daya antara lain berupa pelatihan:

  1. Perintisan usaha mikro
  2. Kelayakan usaha mikro
  3. Manajemen kelompok simpan-pinjam
  4. Manajemen usaha: Pemasaran, Produksi dan Permodalan
  5. Pengemasan produk
  6. Manajemen usaha: Linkage program perbankan/ BUMN
  7. Pencatatan dan administrasi usaha mikro
  8. Kader kelompok untuk kemandirian melalui perintisan KPPM (Kelompok Perempuan Pengusaha Mikro)
  9. Analisis gender dalalm kebijakan politik
  10. Keluarga berwawasan gender
  11. Kecakapan hidup (Life Skill)